Muslimah Sholat Berjamaah Memakai Mukena Warna Warni? Muslimah Wajib Baca!! Inilah Hukumnya...




Artikel Terkait:



Mukena merupakan perlengkapan sholat bagi kaum muslimah, namun sekarang mukena tidak hanya khusus untuk ibadah melainkan untuk mengikuti tern yang ada, seperti pada zaman sekarang banyak wanita yang mengenakan mukena warna warni, dengan pilihan banyak motif serta warna yang mengundang mata untuk menatapnya. 




Namun tahukah anda bahwa mukena yang warna warni serta bercorak macam – macam ini tidak dapat dipakai ketika anda sholat berjamaah apalagi sholat berjamaah dimasjid. Mengapa demikian?


Sebab mukena dengan warna warni cantik berkilau serta dengan berbagai motif seperti polkadot, bunga, dan lainnya sudah pasti bisa mengundang perhatian orang lain.

Sementara Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan kita untuk menghindari pakaian yang mengundang perhatian orang. Beliau bersabda:

  


“Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.” (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth).

“Maksud hadist, seseorang tidak diperbolehkan memakai pakaian yang sangat bagus dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek atau lusuh, sampai mengundang perhatian banyak orang. Yang pertama, sebabnya karena berlebihan sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik ialah pertengahan.” (al-Mabsuth, 30:268)

Adapun  penjelasan lain mengenai makruhnya memakai mukena yang terdapat gambar atau motif padanya.

"Dimakruhkan sholat memakai pakaian atau mukena yang terdapat gambar." (Nihayatuzzain hlm 48)

"Diantara kemakruhan shalat ialah shalat yang di hadapannya terdapat sesuatu yang dapat menjadi pusat perhatiannya seperti gambar hewan atau lainnya. Namun jika gambar-gambar tersebut tidak menarik perhatian maka tidaklah makruh. Ini merupakan pendapat dari madzhab Malikiyah dan Syafi'iyah." (Al Fiqh ala Madzahi al Arba'ah juz 1 hal 252)

Itulah penjelasan mengenai hukum memakai mukena warna warni saat sholat terutama sholat berjamaah, hukum mengenakan mukena yang memiliki daya warna yang mencolok serta motif yang rupa – rupa ialah makruh sebab dapat mengundang mata untuk melihatnya sehingga kemungkinan menjadikan sholatnya kurang khusu’ sebab memandang mukena tersebut. 


sumber : ummi-online.com
loading...

ADS

Muslimah Sholat Berjamaah Memakai Mukena Warna Warni? Muslimah Wajib Baca!! Inilah Hukumnya...
4/ 5
Oleh