Buat Anda Yang Sering Mencuci Ayam Mentah, Ketahuilah Bahayanya




Artikel Terkait:





CelotehanAkhwat - Mencuci ayam dengan air mentah ternyata berbahaya, lalu sebaiknya bagaimana?

Mencuci bahan makanan menggunakan air bersih lazim dilakukan untuk membersihkan bakteri, kuman dan pestisida yang kemungkinan menempel. Namun hal tersebut tidak berlaku jika Anda tengah berencana mengolah daging ayam.

Sebuah penelitian seperti dilansir BBC justru menganjurkan untuk tidak segera mencuci daging ayam mentah dengan air bersih. Tindakan itu justru memicu menyebarnya bakteri campylobacter yang terdapat pada ayam.

Campylobacter merupakan jenis bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, dengan gejala seperti diare, sakit perut, kram perut, dan demam. Bakteri ini dapat dengan mudah menyebar ke bagian organ tubuh terluar manusia, meja, pakaian, dan perabotan dapur melalui percikan air.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan untuk tidak mencuci ayam sebelum dimasak. Jadi, terlebih dahulu rebus ayam hingga setengah matang sebelum dimasak untuk membunuh bakteri di dalamnya.

Kemudian, buanglah air rebusan, dan cucilah ayam dengan air bersih. Setelah proses ini baru Anda bisa mengubah daging ayam menjadikanmakanan lezat bergizi tinggi.

Selain menyarankan untuk mencuci ayam dengan air bersih, Food Standard Agency (FSA) menganjurkan nkan agar Anda memisahkan talenan dan pisau yang digunakan untuk memasak daging ayam dengan bahan makanan lain. Ini dimaksudkan untuk lebih memperkecil penyebaran bakteri melalui perabotan dapur.

sumber : akhwatindonesia
loading...

ADS

Buat Anda Yang Sering Mencuci Ayam Mentah, Ketahuilah Bahayanya
4/ 5
Oleh